Thursday, July 7, 2011

Belajar Bahasa Korea : Future Tense

Pada post ini, akan membahas tentang future tense dalam Bahasa Korea

cara paling sering untuk membentuk future tense dengan menambahkan

ᄅ/ 을 거예요 [r/ eul geo ye yo]

jadi

Verb + ᄅ/ 을 거예요 [r/ eul geo ye yo] = Future tense!

Bagaimana menentukan menggunakan 을 거예요 atau 거예요 adalah :

1. Akhir kata adalah huruf hidup(보다/ 가다) maka menggunakan 거예요

2. Akhir kata adalah huruf mati( 먹다/ 찾다) maka menggunakan 을 거예요

3. Akhir kata adalah huruf (놀다/ 멀다) maka diikuti langsung dengan 거예요

Contoh :

1. 가다[ga-da] : pergi

가 + ᄅ 거예요 [ga + l geo-ye-yo] : 갈 거예요[gal geo-ye-yo] : Aku akan pergi

지금 갈 거예요 [ji-geum gal geo-ye-yo] : Aku akan pergi sekarang

혼자 갈 거예요 [hon-ja gal geo-ye-yo] : Aku akan pergi sendiri

네일 갈 거예요 [ne-il gal geo-ye-yo] : Aku akan pergi besok

2. 입다[ip-da] : memakai

입 + 을 거예요 [ip + eul geo-ye-yo] = 입을 거예요 [i-beul geo-ye-yo] : aku akan memakai

정바지 입을 거예요 [jeong-ba-ji i-beul geo-ye-yo] : Aku akan memakai jeans warna biru

티셔즈 입을 거예요 [ti-syeo-jeu i-beul geo-ye-yo] : Aku akan memakai t-shirt

3. 팔다[pal-da] : menjual

팔 + 거예요[pal + geo-ye-yo] = 팔 거예요[pal geo-ye-yo] : Aku ingin menjual

뭐 팔 거예요? [mwo pal-geo-ye-yo] : apa yang ingin kamu jual?

어디에서 팔 거예요 [eo-di e-seo pal geo-ye-yo] : Dimana kamu akan menjualnya?





No comments:

Post a Comment